Nama domain (terbuka di tab baru) adalah kesan pertama di web. Karena domain sering kali merupakan hal pertama yang ditemui oleh setiap pelanggan penjelajahan, domain perlu mengirimkan pesan yang tepat, dan nuansa profesional yang sesuai.
Oleh karena itu, melakukannya dengan benar sejak awal sangatlah penting – memang, ini mungkin salah satu pilihan paling penting yang harus diambil saat mengimplementasikan situs web Anda (hampir setara dengan memilih perusahaan hosting web yang tepat (terbuka di tab baru)). Domain yang tepat adalah tentang ditemukan dengan mudah dan berulang kali oleh mereka yang ingin berkunjung, dan mencapainya tidak sesederhana kedengarannya.
Selain itu, bonus memiliki domain adalah Anda dapat mengutip alamat email domain (terbuka di tab baru) – sesuatu yang terlihat jelas lebih profesional daripada yang mengarah ke akun Yahoo atau Gmail.
Berikut adalah daftar pertimbangan yang perlu diingat saat memilih nama domain.
1. Tetap singkat
Semakin banyak huruf yang Anda minta untuk diketik orang, semakin besar kemungkinan mereka membuat kesalahan, mengetikkan hal yang salah, dan karena itu gagal menemukan Anda. Panjang enam huruf sangat ideal, dan Anda pasti menginginkan kurang dari delapan karakter. Sementara kita melakukannya, hindari ‘supercalifragilisticexpialidocious.com’, karena seseorang telah mendaftarkannya.
2. Berada di ekstensi domain yang tepat
Ketika internet pertama kali dimulai, hanya ada sedikit pilihan ekstensi (huruf terakhir dari URL). Sebagian besar bisnis menggunakan .com sementara beberapa memilih .org sebagai alternatif.
Hari-hari ini setiap negara memiliki kode dua atau tiga huruf, dan jumlah variasi subjeknya signifikan.
Ini adalah yang paling umum:
- .co – Seringkali merupakan singkatan dari perusahaan, perdagangan, atau komunitas
- .info – Situs informasi
- .net – Biasanya ini adalah situs infrastruktur internet
- .org – Organisasi nirlaba dan nirlaba
- .biz – Penggunaan bisnis atau komersial, bagi mereka yang tidak menyukai .com
- .me – Blog atau situs pribadi lainnya
Dan seringkali Anda dapat menemukan ini digabungkan dengan ekstensi geografis, seperti di .co.uk (sebuah perusahaan di Inggris Raya).
Saat ini ada banyak sekali ekstensi nama domain baru yang ditawarkan, seperti .dev (populer di kalangan pengembang) dan .green (untuk bisnis yang terkait dengan upaya sadar lingkungan).
Untuk bisnis besar, praktis mengambil semua subdomain utama untuk nama pilihan mereka, dan mengalihkannya ke situs atau versi regional yang sama. Mereka juga biasanya melindungi merek mereka dengan mendaftarkan beberapa domain terkait dan kemudian mengarahkan semuanya ke situs web utama mereka.
Apa pun yang Anda pilih, perlu diingat bahwa memilih ekstensi yang tepat dapat menjadi pembeda antara ditemukan atau tidak.
Jika ragu, gunakan .com karena masih dianggap sebagai pilihan terbaik untuk entitas komersial dengan keberadaan pasar global, dan mengirimkan pesan bahwa Anda adalah operasi profesional.
3. Periksa domain yang ada
Jika Anda menemukan nama untuk situs Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah orang lain telah mendaftarkan domain tersebut. GoDaddy memiliki alat luar biasa untuk melakukan ini, yang dapat Anda temukan di sini (terbuka di tab baru).
Anda mungkin juga ingin memeriksa salah eja yang jelas dari domain tersebut dan mempertimbangkan untuk mendaftarkannya agar pencari tersebut dapat menghubungi Anda.
Memiliki nama yang sangat mirip dengan situs web lain dapat berakhir dengan gugatan hukum dan membingungkan pelanggan di kedua sisi. Jadi berhati-hatilah untuk memilih sesuatu yang jelas merupakan diri Anda, dan bukan Amazen.com atau Gooogle.com.
4. Lakukan pemeriksaan bahasa
Pemeriksaan bahasa mungkin tampak aneh untuk dilakukan, tetapi kata yang tampaknya tidak berbahaya dalam bahasa Inggris mungkin memiliki konotasi yang kurang bagus dalam bahasa lain.
Menghabiskan banyak uang untuk branding hanya untuk mengetahui bahwa nama situs web secara tidak sengaja menghina orang-orang di belahan dunia lain bukanlah skenario yang ideal.
Ford baru-baru ini mengalami halangan ini ketika perusahaan meluncurkan Ford Kuga. Setelah peluncuran produk di seluruh dunia, mereka diberi tahu bahwa di Balkan, ‘Kuga’ adalah kata untuk Kematian Hitam, yang bertanggung jawab atas kematian hingga 200 juta orang Eropa dari tahun 1347 hingga 1351.
Ada banyak contoh yang lebih buruk dari jenis kesalahan ini, jadi selalu periksa.
5. Lakukan pencarian merek dagang
Menggunakan kata, atau bahkan bagian dari kata, yang telah menjadi merek dagang bisnis lain bisa sangat bermasalah. Ini terutama benar jika kata yang Anda buat adalah kata yang dibuat-buat, dan karena itu tidak tercakup dalam perlindungan yang ditawarkan oleh penggunaan umum.
Tempat yang bagus untuk memeriksanya adalah knowem.com (terbuka di tab baru)karena ini akan menunjukkan kepada Anda jika sebuah kata telah digunakan sebagai merek dagang, di domain, atau bahkan jika kata tersebut telah digunakan di situs media sosial.
6. Hindari tanda hubung dan angka
Sebagai aturan, hindari tanda hubung dan juga garis bawah karena dapat dengan mudah dibingungkan. Dan, untuk alasan yang sama, umumnya hindari angka, karena nol dan huruf ‘o’ juga sulit dibedakan.
7. Pertimbangkan untuk fokus secara lokal
Jika Anda tidak memiliki ambisi global dan Anda hanya menjalankan layanan perbaikan topi di Boston, maka BostonHatRepair.com adalah pilihan yang tepat. Mencantumkan tempat yang dicakup bisnis Anda dalam nama kemungkinan akan membawa siapa pun di area sekitar ke situs Anda saat mereka menelusuri reparasi topi.
Satu-satunya peringatan untuk rencana ini adalah Boston, misalnya, tidak hanya di Massachusetts. Ada Boston asli di Lincolnshire, Inggris, dan 15 lainnya di AS, sepasang di Afrika Selatan, Irlandia, Uzbekistan, Kosta Rika, dan Kolumbia, dan lainnya di Jamaika, Peru, Italia, Kuba, Bolivia, dan Andorra. Sekali lagi, pastikan untuk mempertimbangkan setiap sudut saat memilih nama.
8. Berkesan itu baik
Situs web yang mudah diingat jauh lebih mungkin ditemukan, dan juga lebih mudah disampaikan dari mulut ke mulut. Mempertimbangkan yang terakhir, ada baiknya juga jika nama itu mudah diucapkan, dan tergantung pada apakah Anda melihat audiens global, apakah mudah untuk mengatakannya dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Ini juga akan membantu untuk memastikan mudah untuk mengetik dengan menghindari penggunaan slang (u bukan Anda).
Menghasilkan sesuatu yang tajam dan berkesan bisa jadi rumit, tetapi menemukan nama yang sesuai dengan kriteria ini akan berdampak positif pada tingkat lalu lintas.
9. Gunakan kata kunci
Itu ide yang bagus untuk SEO (terbuka di tab baru) bertujuan untuk menamai situs web Anda berdasarkan kata kunci yang paling menggambarkan situs web Anda. Anda akan mudah menemukannya jika website Anda mencantumkan kata kunci yang diketik pelanggan Anda di mesin pencari saat mencari produk dan jasa yang Anda tawarkan.
10. Coba generator kata
Jika Anda kehabisan ide, Anda selalu dapat mencoba-coba generator kata online yang mengambil kata kunci dan menggabungkannya dengan cara yang menarik. Coba TextFixer (terbuka di tab baru).